UNP Terapkan Registrasi dan KRS Online

Mulai tahun 2008, Universitas Negeri Padang menerapkan proses pendaftaran mahasiswa baru secara online. Ini sejalan dengan keinginan lembaga yang ingin memberikan kemudahan kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini. Di samping itu diharapkan data yang diperoleh lebih akurat karena semua proses dilakukan oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Pendaftaran Online sendiri meliputi Registrasi Online dan KRS Online. Sesuai alur yang telah ditetapkan, registrasi online dilaksanakan di di Lokal T77 (samping BAAK UNP). Pada tahapan ini, mahasiswa baru melakukan proses entri biodata yang meliputi biodata pribadi, sekolah, orang tua, wali, dan tambahan pendukung lainnya. Hampir semua informasi yang dibutuhkan untuk setiap unit di UNP diinput secara mandiri oleh mahasiswa.

Dalam pelaksanaan proses registrasi online, mahasiswa baru dibimbing oleh Anggota Tim Pengembangan ICT UNP, mahasiswa senior dan unsur dari BAAK. Pembimbingan ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam melakukan pengisian biodata secara benar mengingat tidak semua mahasiswa baru memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer secara maksimal.
Berikut alur pendaftaran online mahasiswa baru :
  1. Melapor dan mengambil paket registrasi di lokal GL 1 dengan membawa tanda peserta SNMPTN, PMDK dan Jalur Prestasi tahun 2008
  2. Membayar uang SPP, dan SKMB di seluruh Bank Nagari di Indonesia secara online atau di Bank Nagari Cabang UNP Padang dengan cara menyebutkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM). NIM dapat dilihat pada KTM Sementara dalam paket registrasi.
  3. Cek SPP dan penerimaan panduan jadwal kuliah semester Juli – Desember 2008 di lokal GL 2
  4. Pemeriksaan kesehatan di Poliklinik UNP (Dekat Balai Bahasa)
  5. Pembimbingan pengambilan mata kuliah (rencana studi) dan lain-lain di lokal GL 6 dan GL 7
  6. Pengambilan photo di lokal GL 8
  7. Pengisian kelengkapan Kartu Mahasiswa dan ATM Bank Nagari GL 9
  8. Melakukan registrasi di lokal T 77 dengan sistem registrasi online
  9. Mahasiswa mengambil nomor antrian pada petugas
  10. Mahasiswa baru yang dipanggil sesuai nomor antrian, masuk dan melapor kepada Petugas Validasi untuk melakukan validasi pembayaran sekaligus memperoleh username dan password. Username dan password ini berfungsi untuk login ke aplikasi sistem registrasi http://sireg.unp.ac.id (Akses dari Jaringan Lokal UNP)
  11. Setelah memperoleh username dan password, mahasiswa login pada komputer yang telah disediakan
  12. Setelah login, mahasiswa melakukan pengisian biodata, yang meliputi biodata pribadi, sekolah, orang tua, wali, dll. Dalam proses ini mahasiswa akan selalu dipandu dan dibimbing oleh Tim pembimbing
  13. Setelah proses pengisian biodata selesai dan dipastikan benar, maka mahasiswa melapor kepada Petugas Verifikasi. Pada bagian ini petugas akan mem-validasi medical checkup mahasiswa baru, melakukan pencetakan biodata sesuai yang diisi mahasiswa sebelumnya, surat pernyataan, tanda terima berkas dan memberikan username serta password untuk login ke sistem KRS online
  14. Melakukan KRS online di lokal T 78 melalui portal akademik
  15. Mendaftar menjadi anggota Pustaka di lokal GM 2
  16. Pengukuran jaket mahasiswa baru di lokal GM 3
Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.